Bupati Imron Minta PNS Masuk Purnabakti Tetap Produktif di Masa Pensiun

Cirebon l Mediasaberpungli.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Cirebon, yang memasuki masa purnabakti diminta untuk tetap produktif pada masa pensiun. Salah satu yang bisa dilakukan, menjadi seorang wiraswasta.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag saat membuka Sosialisasi Kewirausahaan dan pembekalan bagi PNS yang memasuki masa purnabakti di Apita Hall, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Rabu (10/11/2021).

Bacaan Lainnya

Imron mengatakan, pada 2022, jumlah PNS yang pensiun sekira 800 orang. Namun, di tahun yang sama, jumlah PNS yang masuk ke dalam Pemerintahan Kabupaten Cirebon hanya 91 orang.

“Jadi pada masa pensiun nanti, supaya ada aktivitas yang tetap bisa dilakukan. Ada Mandiri Taspen yang juga bakal membantu para pensiunan ini,” kata Imron.

Distribution Head 2 Bank Mandiri Taspen, Raden Afreza Sumidi mengatakan, pihaknya mulai saat ini bakal memberikan pelatihan kewirausahaan bagi PNS yang sudah memasuki masa purnabakti.

Nantinya, kata Afreza, pihaknya bakal menyediakan sejumlah mentor yang bakal mengarahkan potensi sesuai dengan keinginan para pensiunan PNS tersebut.

“Beberapa keinginan di antaranya, membuka usaha hidroponik, budaya ikan air tawar, dan budidaya jamur,” katanya.

Afreza mengatakan, pelatihan diberikan secara gratis. Kalau nanti ada yang berhasil menjalankan usahanya, upaya pemasaran pun bakal dibantu hingga menjadi pensiunan mandiri.

Selain itu, pihak Mandiri Taspen pun bakal memberikan bantuan modal usaha, “Seandainya dia punya modal sendiri, kami bantu secara pelatihan. Tetapi kalau tidak, modal juga akan diberikan,” katanya. (Rachmat)

Sumber: Diskominfo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.