Gerak Cepat, Babinpotmar Lanal Cirebon Bantu Proses Evakuasi Korban ABK Meninggal Dunia di PPN Kejawanan

CIREBON l Mediasaberpungli.com-Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon melalui Babinpotmar wilayah Kejawanan turut serta membantu proses evakuasi korban Anak Buah Kapal (ABK) KM Aji Citra Samudera GT. 97 setelah mengalami kecelakaan kerja yang menyebabkan 3 ABK meninggal dunia dan 1 ABK lainnya mengalami kritis bertempat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon (23/04/2024).

Berdasarkan informasi yang diterima dari salah seorang saksi nelayan setempat terkait kronologi kejadian, berawal dari kecurigaan saat melihat salah seorang ABK inisial AD tergeletak di bagian geladak Kapal KM. Aji Citra Samudera dengan kondisi lemas, serta ditemukannya tiga korban ABK lainnya dengan inisial FD, AS (45), dan FL dalam kondisi meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Ketiganya ditemukan di dalam palka atau tempat penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang berada di bawah geladak Kapal KM Aji Citra Samudera yang merupakan kapal alat tangkap cumi dengan GT. 97 dan Nomor 2080/DA 1993. Diduga penyebab meninggalnya para ABK tersebut akibat keracunan solar yang telah bercampur air.

Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., D.W.C., M.Sos., dalam keterangannya membenarkan atas kejadian tersebut dan menghimbau kepada seluruh ABK Kapal agar selalu berhati-hati serta melengkapi peralatan keselamatan kerja untuk meminimalisir kecelakaan kerja.

“Kami selalu tekankan kepada prajurit TNI AL Lanal Cirebon untuk berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan dan selalu sigap untuk terus membantu masyarakat saat ada kejadian khususnya di wilayah perairan Lanal Cirebon,”Pungkas Danlanal Cirebon.

Atas kejadian tersebut Personel Babinpotmar Lanal Cirebon bersama Tim Gabungan pengamanan Kamladu PPN Kejawanan bergerak cepat untuk melaksanakan proses evakuasi Jenazah korban untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon guna dilaksanakan otopsi dan penanganan lebih lanjut.

Caswila

@Penlanalcirebon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *