Informasi UHC BPJS Habis: Pengajuan KIS Bagi Pasien Rumah Sakit dan Ibu Hamil Terkendala di Kabupaten Cirebon

CIREBON l Mediasaberpungli.com – 07 Juni 2024 – Kabar mengejutkan datang dari wilayah Kabupaten Cirebon. Pengajuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi pasien yang dirawat di rumah sakit dan ibu hamil 8/9 bulan tidak dapat diproses hingga waktu yang belum ditentukan. Kejadian luar biasa ini terjadi akibat kuota dan anggaran Universal Health Coverage (UHC) BPJS yang habis.

Situasi ini memicu sorotan publik karena pemerintah Kabupaten Cirebon dinilai tidak maksimal dalam memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat yang berhak mendapatkan layanan tersebut. Banyak warga merasa dirugikan, terutama mereka yang sangat membutuhkan bantuan kesehatan segera.

Bacaan Lainnya

Kasihan para ibu hamil dan pasien rumah sakit yang seharusnya mendapatkan perlindungan kesehatan kini terpaksa menunggu tanpa kepastian. “Ini sangat mengecewakan, kami benar-benar berharap ada solusi segera dari pemerintah,” ujar Yogi salah satu Pemerhati kebijakan Pemerintah

Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Cirebon dan DPRD juga menjadi sorotan tajam. Dinas Sosial dianggap kurang responsif dalam menangani permasalahan ini, sementara DPRD Cirebon dinilai kurang proaktif dalam melakukan pengawasan dan memastikan anggaran kesehatan memadai untuk kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Cirebon harus segera melakukan evaluasi mendalam terhadap kebijakan dan alokasi anggaran kesehatan ini. Jangan sampai hak-hak kesehatan warga terabaikan karena buruknya manajemen anggaran dan kuota,” ujar seorang pengamat kesehatan lokal.

Kritik juga datang dari berbagai kalangan, yang menekankan pentingnya peningkatan koordinasi antara Dinas Sosial, BPJS, dan DPRD Cirebon untuk memastikan tidak terjadi lagi kekosongan layanan kesehatan yang merugikan masyarakat. “Kami meminta pemerintah segera mencari solusi dan melakukan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang di masa depan,” tegas Yogi yang juga salah seorang aktivis kesehatan.

Dengan adanya kejadian luar biasa ini, masyarakat berharap pemerintah Kabupaten Cirebon segera bertindak dan memastikan pelayanan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan tetap terjamin.

Caswila

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *