Kegiatan Fisik Onderlag dan Bedah Rumah TMMD ke 108 Kodim 0424/Tanggamus

Mediasaberpungli.com | Pringsewu Lampung

Letkol Inf Arman Aris Sallo Dandim 0424 /Tangamus, selaku Komandan Satuan TMMD 108 Kodim 0424/ tanggamus bersama anggotanya tetap semangat meskipun lokasi sasaran pada pelaksanaan TMMD 108 di Desa Way Kunyir dan Desa gunung raya, Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, mengalami kendala pengiriman material karena akses jalan becek akibat sering diguyur hujan,Senin, (20/07/20).

Bacaan Lainnya

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke108 Kodim 0424 Tanggamus yang sudah berjalan 3 pekan, tidak hanya sebatas kegiatan pembangunan fisik sarana infrastruktur saja. Program penyuluhan pada masyarakat terkait berbagai sektorpun dilakukan, salah satunya sosialisasi penyuluhan bidang hukum kepada masyarakat setempat.

Satgas TMMD dalam penyuluhan hukum ke masyarakat menghadirkan narasumber dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemkab dan DPRD Pringsewu, digelar di dua lokasi yakni Balai Pekon Way Kunyir dan Gunungraya, Kecamatan Pagelaran Utara,
Pasiter Kodim 0424/Tanggamus Kapten Inf Adi Hartono mengatakan, penyuluhan tersebut bagian dari program TMMD ke 108 diwilayah Way Kunyir dan Gunungraya Kecamatan Pagelaran Utara kabupaten Pringsewu. “Sedangkan TMMD ke 108 ini bukan hanya melakukan kegiatan membuatkan jembatan dan jalan saja namun dalam rangkaian TMMD prajurit TNI, Polri dan masyarakat bersatu padu juga melakukan bedah rumah warga dipekon Gunungraya dan Waykunyir.

Selain itu Satgas TMMD juga memberikan penyuluhan pada masyarakat tentang berbagai sektor salah satunya di bidang hukum agar masyarakat mengerti dan paham pentingnya mematuhi aturan hukum yang berlaku,” kata Kapten Adi Hartono mewakili Komandam Kodim 0424/Tanggamus Letkol Inf.Arman Aris Sallo.
Dari kawasan lokasi TMMD hari ini , cuaca dilaporkan cukup cerah, dan sangat mendukung kegiatan prajurit TNI dan masyarakat dalam melakukan program kegiatannya, diantaranya pengerasan badan jalan menggunakan alat berat.

Sementara itu, sisi lain dari dinamika kegiatan TMMD adalah bahwa Pekon Gunungraya merupakan salah satu Pekon penghasil madu hutan, dan Pekon Way Kunyir penghasil gula aren dan minuman air legen, yang sudah cukup dikenal sampai keluar Kecamatan Pagelaran Utara.

Sekretaris Pekon Way Kunyir Sidik, kepada media ini mengatakan sebagai kearifan lokal, kedua komoditas tersebut menjadi lebih terkenal sejak adanya TMMD, bukan hanya diminati prajurit satgas TMMD, tapi juga oleh para tamu yang menghadiri rangkaian kegiatan TMMD. “Madu hutan banyak terdapat diperbukitan dekat air terjun Way Pagasan, sedangkan gula aren maupun air legen banyak diproduksi oleh beberapa pengrajin di Pekon Way Kunyir yang memiliki pohon aren sendiri dikebun miliknya.”terangnya.
(Bambang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.