Masyarakat Bangka Selatan Bertanya, Kapan Program Nawacita Presiden RI Direalisasikan

  • Whatsapp

Saberpungli.com| Pangkalpinang – Setelah Mendatangi Bupati Kabupaten Bangka Selatan Justiar Noer, Rabu (22/4/2020) lalu di Kantor Bupati. Pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas), Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Markas Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali menemui Kepala, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Bangka Selatan Gatot Wibowo, S.HUT. MSI melalui Kasi DPKPLH Marwan Harpansah, Kamis (23/4/2020) sore di kediamannya, di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Terkait masalah yang sama, Ormas LMPI Markas Daerah Kepulauan Bangka Belitung, mengkonfirmasi tentang Program Nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), ‘Program Indonesia Terang’, berupa bantuan lampu tenaga surya untuk Penerangan Jalan Umum (PJU), maupun Solar Home Sistem (SHS), melalui dana CSR yang dihimpun dari berbagai BUMN di Indonesia (Lembaga Pengembangan CSR Indonesia/LPCI). Melalui Koperasi Jasa Gerakan Nelayan Tani Indonesia (Kopja Ganti).

Read More

Marwan menjelaskan bahwa memang benar pada tahun 2017 yang lalu
DPKPLH Kabupaten Bangka Selatan, diperintahkan oleh Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, untuk mendata desa-desa yang akan diberikan bantuan tersebut.

Sekarang ini diakui Marwan, tidak sedikit masyarakat desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, datang ke kantor
DPKPLH, mempertanyakan kapan proyek Program Nawacita Presiden Republik Indonesia Jokowi, direalisasikan di desa mereka.”Di waktu pendataan, Saya dan Tim yang turun ke masyarakat untuk mendata calon penerima bantuan Program Indonesia Terang, wajar kan mereka mempertanyakan kepada kami dan itu memang belum ada samasekali turun bantuannya,” jelas Marwan.

Terpisah Ketua Ormas LMPI Bangka Belitung R.Yadi Umar mengatakan, Program Indonesia Terang dikucurkan oleh Presiden Jokowi, menjelang Pilpres.”Jangan sampai masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Bangka Belitung, menilai bahwa ini adalah bentuk pencitraan Pak Jokowi untuk maju kedua kalinya sebagai Calon Presiden RI,” ujar R. Yadi Umar.

Dinyatakan R. Yadi Umar, masyarakat Bangka Belitung, sangat percaya bahwa Program Indonesia Terang, melalui Kemendes dan Kopja Ganti, bukan hanya dilaksanakan di tahun Politik Menjelang Pilpres.Tapi program itu dilaksanakan, untuk menuju Kedaulatan Energi untuk Bangsa Indonesia.”Ormas LMPI Markas Daerah Bangka Belitung, akan terus memperjuangkan, hingga proyek ini direalisasikan di Bangka Belitung dan akan segera melayangkan surat ke Presiden untuk menagih janji Pak Jokowi dengan Program Nawacita nya,” ucap R. Yadi Umar.

Lanjut R. Yadi Umar, Ormas LMPI Bangka Belitung, akan memberikan penjelesan kepada masyarakat Kabupaten Bangka Selatan, agar tidak menyalahkan atau menduga DPKPLH Kabupaten Bangka Selatan, dalam pengambilan data berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP untuk digunakan Pilpres, mendukung Jokowi.

LMPI Bangka Belitung, berada di tengah masyarakat, Kami berharap Presiden Jokowi, menepati janji kepada masyarakat Bangka Belitung, khususnya Bangka Selatan. Segera ditepati bantuan SHL dan PJU, sama seperti Provinsi/Kabupaten yang ada di Indonesia yang sudah menerima bantuan dan dalam masa pengerjaan.”Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Selatan bagian dari Indonesia, hal inilah agar masyarakat tidak menyalahkan DPKPLH dan mengembalikan kepercayaan mereka,” tegas R. Yadi Umar.

R. Yadi Umar berharap Bupati sampai Kepala Desa (Kades) dan dinas terkait ikut berperan aktif, menanyakan ke pemerintah pusat.”Provinsi atau Kabupaten lainnya di Indonesia dapat menerima program itu. Bupati dari Kabupaten lain di Indonesia, selalu berperan aktif, karena Program Nawacita untuk kepentingan masyarakatnya,” tukas R. Yadi Umar. (Zen)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *