Ormas LMPI Pangkalpinang Surati Bank Sumsel Babel Cabang Kota Pangkalpinang dan Asuransi Jamkrida Babel, Terkait Refund Asuransi Nasabah

  • Whatsapp

Mediasaberpungli.com l Bangka Belitung – Organisasi Masyarakat (Ormas) Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Markas Cabang Kota Pangkalpinang, telah melayangkan surat yang ditujukan kepada Bank Sumsel Babel cabang Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung dan Asuransi Jamkrida Babel, terkait Pengembalian (Refund) Asuransi yang telah melakukan top up atau pembayaran yang dipercepat. Karena adanya pengaduan masyarakat, banyak diantara telah melakukan top up namun Refund Asuransinya tidak bisa dicairkan.

Menurut Ketua LMPI Kota Pangkalpinang M. Zen, Jumat (17/7/2020) di ruang kerjanya mengatakan, surat yang ditandatangani oleh nya dan Sekretaris LMPI Kota Pangkalpinang ditujukan kepada pimpinan Bank Sumsel Babel cabang Pangkalpinang.”Diduga pihak Bank itu sengaja tidak menyampaikan laporan kepada pihak asuransi bahwa nasabahnya telah melakukan pelunasan pinjaman. Sehingga nasabah dirugikan oleh kesalahan dan kelalaian dari pihak Bank Sumsel Babel cabang Pangkalpinang,” terang M. Zen.

Read More

Dinyatakan Zen bahwa di dalam surat itu juga dijelaskan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 yang tertuang dalam Bab III Pasal 4 Tentang Hak Konsumen dan Pasal 7 Tentang Kewajiban Pelaku Usaha serta pada Pasal 30 Tentang Pengawasan.

Zen juga menyatakan LMPI Kota Pangkalpinang mengirimkan surat itu untuk meminta konfirmasi kepada pihak Bank Sumsel Babel cabang Kota Pangkalpinang tentang Refund Asuransi.”Namun hingga hari ini, Jumat tanggal 17 Juli 2020, pihak Bank itu, belum menjawab surat kami,” sesal Zen.

Zen berharap agar pihak Bank tersebut segera menjawab surat Ormas LMPI Kota Pangkalpinang, karena surat itu juga telah ditembuskan kepada Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Ketua DPRD Bangka Belitung, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung, Kejati Bangka Belitung dan Kapolda Bangka Belitung.”Setelah ini pihak Ormas LMPI akan menyurati DPRD Bangka Belitung, agar Dewan Provinsi Bangka Belitung memangil Pimpinan Bank Sumsel Babel dan asuransi khususnya di Kota Pangkalpinang, untuk duduk bersama berdiskusi di Gedung Wakil Rakyat yang terhormat dan juga diharapkan agar para pihak dapat menjelaskan kepada nasyarakat terkait hak dan kewajiban para nasabah, agar terciptanya transparansi Informasi Keterbukaan Publik, khususnya dalam hal pinjaman di PerBankan serta hak-hak nasabah dalam asuransi,” papar M. Zen.

Zen juga berharap dalam pertemuan nantinya dihadirkan pihak Bank Indonesia dan OJK serta pihak- pihak yang dianggap berkompeten di bdangnya.”Semoga Bapak Ketua DPRD Bangka Belitung dapat memfasititasi pertemuan ini,” harap Zen.

Sementara Wakil Kepala Cabang Bank Sumsel Babel cabang Pangkalpinang Sigit, saat dikonfirmasi melalui via telepon menjelaskan, belum dibalasnya surat dari Ormas LMPI oleh pihak Bank harap bersabar.”Saya harap bersabar karena baru kemarin dari Bank Sumsel Babel Pusat datang ke Pangkalpinang dan telah melaksanakan pertemuan dengan pihak- pihak asuransi mitra dari Bank Sumsel Babel. Namun apa hasil dari pertemuan tersebut, saya tidak tahu, karena saya tidak ikut dalam pertemuan itu. Moga minggu depan surat Ormas LMPI tentang konfirmasi Refund Asuransi Nasabah yang ditujukan kepada kami segera dijawab,” ujar Sigit. (M.Setiawan/ Dedi Irawan)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *