Pemdes Buyut Gelar Syukuran Sedekah Bumi dengan Pagelaran Wayang Kulit

Cirebon l Mediasaberpungli.com – Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Buyut, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, tetap menggelar kegiatan acara adat istiadat sedekah bumi.

Kegiatan itu, hanya digelar sederhana dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, Sabtu (13/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dari pantauan awak media ini, nampak antusiasme warga masyarakat Desa Buyut, berbondong-bondong, berkunjung ke Balai Desa Buyut dengan membawa dan menyarahkan nasi tumpengan ke balai desa setempat, sambil menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit, yang berlangsung dengan tertib, meriah, dan khidmat.

Tradisi budaya sedekah bumi ini rutin dilaksanakan setiap tahun, yang merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas melimpahnya hasil panen pertanian, atau hasil bumi.

Kepala Desa (Kuwu) Buyut Wandi, mengatakan, tradisi adat istiadat sedekah bumi ini adalah, sebagai bentuk rasa syukur warga masyarakat Desa Buyut kepada Allah SWT atas hasil bumi, kegiatan tradisi adat ini, setiap tahunnya rutin dilaksanakan.

“Kita pemerintah desa, tinggal meneruskan dan melestarikanya,” kata Wandi.

Alhamndulillah, ucap Wandi, warga maupun para tokoh masyarakat desa kami semuanya sangat mendukung. Dan antusias.

“Karena adat sedekah bumi ini merupakan tradisi turun temurun warga desa kami, yang harus secara turun temurun kita lestarikan,” ungkap Wandi.

Video Kegiatan

Wandi menjelaskan, kalau kata orang tua terdahulu (nenek moyang) kita yaitu, sedekahe Wong urip ning bumi (amal atau berbagi orang hidup di bumi) jadi Wong urip ning bumi kudu sedekah.

Adapun serangkaian acara adat istiadat sedekah bumi ini yakni, di mulainya dengan menggelar doa bersama.

Berbagi nasi tumpengan kepada para warga masyarakat, khususnya warga Desa Buyut.

Dilanjut dengan hiburan Pagelaran Wayang Kulit untuk meriahkannya.

“Selain itu juga, pada Minggu malam Senin (14/11/2021) kita juga akan menyelenggarakan pengajian umum dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Plateran Depan Kantor Desa Buyut,” kata Wandi.

Untuk kita ketahui, lanjut Wandi, bahwa tradisi adat istiadat di Desa Buyut ini terdapat 2 tradisi yang setiap tahunnya dilaksanakan yaitu, tradisi adat Mapag Sri yang biasanya dilaksanakan sebelum masa panen.

“Khususnya pada hari ini, kita melaksanakan kegiatan acara adat istiadat sedekah bumi, sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT,” tutur Wandi.

“Dengan harapan, semoga di panen tahun depan rezeki bertambah dengan melimpah, nikmat, dan sehat, serta masyarakat Desa Buyut, aman, tentrem adem ayem,” imbuh Kuwu Desa Buyut Wandi. (Caswila/Rachmat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.