Pemdes Desa Palas Jaya Telah Merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)Tahun 2020 Dengan Baik

  • Whatsapp

Saberpungli.com |Lampung Selatan

PALAS , Pemerintah desa ( Pemdes ) Desa Palas jaya telah realisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa ( APBDes ) Tahun 2020, di pergunakan untuk pembangunan fisik, pemberdayaan dan Penangulangan covid 19. Rabu (21/01/2020)

Read More

Ketika di temui di kantor Desa Sugiarto selaku Kepala Desa memaparkan APBDes tahun 2020 di gunakan untuk Pembangunan fisik, Pertama Drenase, kedua rabat beton di dusun 002, RT. Ketiga
Rabat beton di dusun 005.
Selanjutnya Pemasangan lampu penerangan jalan di tiap-tiap jalan yang di anggap perlu.

” Untuk kegiatan pembangunan kami masih bisa laksanakan meskipun di pandemi covid- 19 melanda, seperti membangun Drenase, rabat beton, dan lampu penerangan jalan umum, kami juga mendapat Bantuan program Pamsimas, kami juga mengalokasikan 10% APBDes Untuk dana pendamping program Pamsimas tahap lll tahun 2020,” Ujar Tutur Sapaan akrabnya

Sedangkan Untuk pembangunan Dana Silva dan pembagian hasil pajak tahun 2019, di gunakan untuk Pembuatan kanopi Balai Desa, rehabilitasi ringan balai desa , WC kantor, penimbunan lapangan sepakbola dan pembuatan lapangan voly ball.

Sedangkan untuk kegiatan pemberdayaan Tutur menyampaikan untuk Pemberdayaan pelatihan siskudes di ikuti oleh 3 peserta yaitu Sekdes dan 2 operator .
Ada juga Realisasi honor guru ngaji dan guru Gereja-gereja.

Untuk anggaran Penanggalan bencana karena banyak atap rumah warga yang terkena puting beliung, rehabilitasi rumah ada 4 rumah.
terletak di dusun 006 kapling , dusun 005, dusun labuhan 001 dan terakhir di dusun 002.

Masih di lokasi yang sama Sekertaris desa ( Sekdes ) Machrozi menurutkan untuk Penangulangan covid 19 di tahun 2020, Pemdes Palas jaya pembentukan satgas covid-19, pembuatan posko, pembuatan bilik penyemprotan di tiap jalan keluar masuk desa, pembagian masker, pengadaan Disinfektan, alat pelindung diri (APD), alat pendeteksi suhu, pembelian Hansplyer ( tenk semprot ), pembuatan alat cuci tangan di tempat umum seperti masjid dan gereja.

Pembayaran insentif satgas covid-19 sebayak 45 orang, satgas di beri insentif Rp 200.000/ orang

Setelah itu Untuk Pembagian BLT Dana Desa sebanyak 130 KPM, dari April sampai dengan September 2020.
Terurai dari bulan April sampai bulan Juni setiap KPM mendapatkan Rp 600.000/ bulan

Sedangkan di bulan Juli sampai dengan September KPM mendapatkan Rp 300.000/ bulan.

Untuk di bulan Oktober, September dan Desember 2020, kami tidak ada pembagian BLT karena anggaran tidak cukup,” Ujar Rozi

Tutur berharap kepada seluruh masyarakat Desa Palas jaya khusus untuk tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan covid 19 sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menghindari kerumunan .

” Saya berharap kepada masyarakat saya untuk terus menerapkan prokes, menjaga imun tubuh supaya kuat melawan virus covid-19, mudah-mudahan masyarakat saya terhindar dari virus Corona,” Tutur.

Penulis Joe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *