Sekda: Terus Edukasi Masyarakat untuk Tidak Buang Sampah ke Sungai

Cirebon l Mediasaberpungli.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menyambut baik program Kali Bersih yang dilakukan TNI Angkatan Laut (AL). Camat dan lurah diminta tidak bosan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., saat menghadiri kegiatan Kali Bersih Tahun 2023 Dalam Rangka HUT TNI Angkatan Laut Ke-78 Tahun 2023 Bertempat di Sungai Kriyan, Kel. Kasepuhan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon, Selasa (5/9/2023).

Bacaan Lainnya

“Pemda Kota Cirebon mendukung dan menyambut baik kegiatan ini,” tutur Agus. Bahkan Pemda Kota Cirebon juga berterima kasih atas langkah baik yang telah dilakukan oleh Lanal Cirebon untuk mendukung sungai bersih di Kota Cirebon yang dimulai dari Kali Kriyan.

Pemda Kota Cirebon bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menurut Agus juga telah sepakat bahwa kegiatan ini tidak berhenti disini. “Kegiatan hari ini hanya trigger,” tutur Agus.

Ke depannya, kegiatan yang sama akan terus dilakukan sehingga sungai di Kota Cirebon bersih. Pemda Kota Cirebon juga sudah berkoordinasi dengan BBWS Cimanuk-Cisanggarung untuk bisa melakukan pengerukan sungai.

Pada kesempatan itu Agus juga meminta kepada camat dan lurah untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayahnya untuk tidak membuang sampah di sungai.

“Kami juga meminta kepada masyarakat untuk terlibat aktif melakukan pengawasan,” tutur Agus. Pengawasan yang langsung dilakukan oleh masyarakat menurut Agus akan lebih efektif.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon, Letkol Laut (P) Ridwansyah menjelaskan kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan rangkaian hari ulang tahun TNI AL ke 78. “Kita lakukan di 78 titik di Indonesia,” tutur Ridwansyah. Salah satunya di Kota Cirebon, yaitu di Kali Kriyan.

Kali Kriyan ini, lanjut Ridwansyah, merupakan titik awal kegiatan ini dan ia pun berharap kegiatan bersih-bersih sungai ini bisa terus berlanjut. “Kegiatan hari ini melibatkan 300 orang dengan 9 perahu karet,” tutur Ridwansyah. Aksi bersih sungai ini melibatkan berbagai instansi dan masyarakat luas.”

(Caswila)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *