Semarakan Kawasan Puspa dan Pertokoan Siliwangi, Pemda Kuningan Resmikan 4 Event Sekaligus

KUNINGAN l Mediasaberpungli.com– Upaya menyemarakan kawasan Puspa dan pertokoan Siliwangi terus di lakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Hal tersebut diwujudkan dengan dibukanya Studio 2 mini teather edukatif yang terbuka untuk masyarakat umum secara gratis.

Dilaunching oleh Penjabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat, Mpd pada Minggu malam (07/07/2024), Studio 2 mini teather edukatif ini akan beroperasi penuh selama 7 hari dalam satu minggu dengan pemutaran dari pukul 14.00 wib hingga 20.00 wib dalam sehari, menampilkan film-film edukatif baik unsur pendidikan, budaya maupun seni.

Bacaan Lainnya

Adapun studio mini 1 teather edukasi telah beroperasi satu bulan sebelumnya dan berlokasi di pertokoan Siliwangi yang di peruntukan bagi pelajar berbagai jenjang pendidikan. Menyajikan berbagai tayangan yang mendidik dan menginspirasi untuk siswa.

Dikesempatan yang sama, juga di launching car free night (Kuningan Night Festival) dimana kedepan, Jalan pertokoan Siliwangi akan ditutup pada periode tertentu sehingga diharapkan memunculkan ekonomi kreatif dari masyarakat dan masyarakat dapat menikmati malam bebas kendaraan.

Selain itu, Iip Hidajat, sapaan akrab Pj Bupati Kuningan, juga melaunching tugu mural dan lampu penerangan pedestrian di sekitaran pertokoan Siliwangi yang dibangun untuk menambah kecantikan penatakotaan pusat Kota Kuningan.

Tugu mural dan lampu penerangan pedestrian ini merupakan hasil social investment kerjasama komunitas Royal Enfield dan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Dikatakan Iip Hidajat, bahwa penataan kawasan Puspa, Pertokoan Siliwangi dan taman kota dilakukan untuk mengubah kesemrawutan yang terjadi selama ini menuju tata ruang kota yang ramah dan nyaman untuk seluruh masyarakat kabupaten kuningan.

“Kami selalu berkeyakinan, dengan memberi ruang bagi para pedagang kaki lima ditempat yang lebih layak, simpul ekonomi akan semakin membaik, ditambah kenyamanan para pedagang karena mereka berada di tempat yang legal dan diatur oleh Pemerintah. Berikut penataan Kota dilakukan agar lebih menarik dan nyaman bagi masyarakat” Ujar Iip.

Iip menuturkan bahwa upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk memakmurkan kawasan puspa dan pertokoan siliwangi terus dilakukan secara berkesinambungan. Hal tersebut juga dapat dihat dari dilaunchingnya 4 event sekaligus pada Minggu malam ini.

“Yakni dibukanya studio 2 mini teater edukasi yang diperuntukan oleh umum dan masyarakat luas. Beberapa waktu lalu, kami telah melaunching program serupa, yaitu dibukanya studio mini teater edukasi untuk para pelajar di berbagai tingkatan yang berada di pertokoan Siliwangi. Para pelajar dan masyarakat umum boleh datang kesini secara gratis dan tidak berbiaya.

“Yang kedua adalah mempersembahkan car free night (kuningan night festival) yang akan dilakukan secara reguler (insya allah kalau tidak dua minggu sekali, ya satu bulan sekali), sebagai upaya kita bersama dalam membangkitkan ekonomi kreatif di kabupaten kuningan.

“Dan yang ketiga dan keempat adalah peresmian tugu mural di pintu masuk pertokoan siliwangi dan lampu pedestrian di sekitar pertokoan siliwangi yang kami harapkan dapat menambah suasana syahdu dan menyenangkan bagi masyarakat yang berkunjung” Ujar Iip.

Selepas meresmikan studio 2 mini teather edukatif, Iip Hidajat berkesempatan menonton film inspiratif pada bioskop mini berkapasitas 20 orang tersebut. Selanjutnya Iip Hidajat bersama tamu undangan berjalan ke arah pertokoan Siliwangi untuk meresmikan tugu mural dan lampu pedestrian serta Kuningan car free night.

Banyak masyarakat hadir yang menyambut baik launching dan penatakotaan sekitar pertokoan Siliwangi tersebut. Salah satunya adalah Nandar (42) warga asal Kedungarum yang datang bersama keluarganya untuk menikmati malam di Kawasan Puspa dan pertokoan Siliwangi.

“Alhamdulilah Kuningan banyak perubahan. Banyak lampu jadi haregar (terang). Jadi seneng juga jalan kaki, sehat, karena parkir lebih teratur. Semoga Kuningan kedepan lebih baik” ujar Nandar.

Studio Mini Teather Edukatif Dapat Apresiasi Dari Kemendikbudristek RI

Pada launching studio 2 mini teather edukatif, dihadiri oleh Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dra Sri Wahyuningsih, Mpd yang memberikan dukungan berupa bantuan ratusan buku edukasi.

Juga di hadiri oleh Kepala Balai Media Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Retno Raswaty, S.S, M.hum., yang telah memberikan dukungan berupa akses film Indonesia inspiratif dan mengedukasi sebanyak 250 judul.

Retno Raswaty mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kuningan karena telah memberikan tontonan gratis mengedukasi dan menginspirasi untuk anak-anak serta masyarakat umum.

“Ini langkah besar yang perlu di tiru oleh Kabupaten/Kota lain di Indonesia. Memfasilitasi anak-anak serta masyarakat umum dengan tontonan edukasi dan inspirasi yang gratis perlu di apresiasi dengan luar biasa” ujar Retno.

Caswila

 

(BagProkompim/SetdaKuningan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *