TPI Sambung Jaya Mulya,Sukses Gelar Pesta Laut

Cirebon l Mediasaberpungli.com – TPI Sambung Jaya Mulya Desa Karangreja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon Sukses Gelar Nadran Pesta Laut tahun 2021, Berjalan lancar dan Kondusif, usai Gelar pagelaran wayang kulit sehari sebelumnya pada tanggal 24/12/2021.

Hal tersebut dikatakan Ketua TPI Sambung Jaya Mulya Bp. Tarji (Jibang) Saat ditemui Awak media, Sabtu (25/12/2021),Usai Lelarung Sesajen ditengah Laut.

Bacaan Lainnya

Tarji menjelaskan, seperti biasa setiap tahun selalu dilaksanakan ritual pembuangan sesajen Kepala Kerbau ditengah laut dengan dirak oleh ratusan nelayan menggunakan perahu yang sudah dihiasi dengan berbagai makanan hasil bumi, untuk dilarung ke tengah Laut, ujarnya.

Lanjut Tarji mengatakan,” Acara Pesta Laut Nadran kita selenggarakan ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil dari laut, jadi sebagai nelayan kita harus sama sama kita bisa kasih makan, dengan larung sesaji ke tengah laut. Kegiatan ini sudah menjadi Tradisi adat nelayan kita terdahulu.

Biasa nya Pesta Laut atau Nadran ini kita adakan setiap bulan 11, namum, karena Bebarengan dengan Pilwu Serentak, Jadi Acara tersebut Kita Undur dibulan 12 atau Akhir bulan, ” Intinya agar Acara Pilwu Serentak berjalan kondusif, Maka dari itulah kegiatan Acara Pesta Laut Nadran ini kita Undur, Katanya.

“Alhamndullilllah, kegiatan yang kita Gelar dan Laksanakan pada hari ini, Usai Pilwu Serentak 2021, Kegiatan Pesta laut Nadran tahun ini berjalan dengan baik, lancar dan kondusif, selain itu, juga pembuangan atau larung sesajen ditengah Laut cuaca Cerah dan lancar.

Khusus nya di TPI Sambung Jaya ini Para nelayan alhamndulillah selalu bersinergi dengan baik terhadap para Tengkulak, sehingga mereka semua turut serta bisa membangun TPI yang kita Cintai ini dan TPI kita ini bisa maju sampai sekarang, serta semuanya berjalan sangat baik dan lancar.

Tarji menambahkan, kita harapkan kepada para nelayan khusus nya para anak buah Kapal (ABK) atau bukan ( Juragan Perahu), ABK Nelayan itu sendiri jika berkeinginan mempunyai Kapal atau Perahu Sendiri, untuk itu para nelayan ABK bisa datang langsung ke pengurus TPI Sambung Jaya Mulya agar nantinya pengurus TPI kita Akan membantu mencari Solusi terbaik untuk ABK itu sendiri agar bisa maju mandiri mempunyai sebuah Kapal ( Perahu) Sendiri.

Kita harapkan semoga kedapan Acara Pesta Laut Nadran ini di adakan lebih meriah dari sekarang , semoga kita semua khusus nya para nelayan kita selalu sehat dan panjang umur serta mendapatkan rezeki berlimpah dari Allah SWT, amiin, Tukasnya, Tarji Atau yang Akrab disapa Jibang, (Caswila)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.